Hours : Mon To Fri - 10AM - 08PM, Sunday Closed

Profile Principal

Profile Principal

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Eza dengan rahmatNya telah mengijinkan Shine Ballet School didirikan di Pulau Bali Tercinta ini.

Shine Ballet School Didirikan atas kecintaan saya pada dunia ballet dan pendidikan. Dengan ketekunan dan komitmen yang saya terapkan pada diri saya dan dengan cita cita menjadi sekolah ballet terbaik di bali maka Shine Ballet School diijinkan Tuhan Yang Maha Eza Mempunyai 7 Cabang di Bali dengan murid sekitar 130 orang. Kami Menyebut murid kami dengan istilah Shiner ( Penerang) yang saya harapkan shiner menjadi Penari yang bersinar mempunyai skill yang bagus tapi tetap mempunyai etika yang baik. Dengan keseriusan untuk memperkenalkan ballet kepada orang banyak tidak menutup kemungkinan akan di buka cabang lainnya. Terima kasih saya kepada Orang Tua Shiner dan para Shiner yang selalu mendukung setiap langkah dari Shine Ballet School

Saya sendiri menekuni dunia tari sejak usia 8 tahun, dengan berbagai pengalaman tari & telah menjadi pengajar ballet selama kurang lebih 14 tahun.

Mengajar di mulai dari jakarta dan dilanjutkan kepindahan ke bali dari 2011 pertama kali mengajar di beberapa sekolah dan private yang ada di denpasar dengan komitmen dan konsisten dalam mengajar memiliki kerinduan untuk membuka tempat pelatihan ballet maka 2018 kami mendirikan shine ballet school.

Shine Ballet School memiliki

visi “Mengembangkan seni tari mengagungkan sang Pencipta”

Misi “mendidik murid-murid tari yang berkualitas secara skill dan karakter.”

Motto ” We Will Shine Like Stars“

Tari ballet sendiri memiliki pengaruh positif bagi perkembangan fisik & psikis anak, karena dapat melatih motorik anak, kepekaan akan musik, kelenturan, kekuatan, ketelitian, kerapian & kedisiplinan bagi anak.

Dengan berlatih ballet terus menerus anak akan terbiasa menguasai & mengendalikan diri dengan baik.

Adapun jumlah murid yang dipercayai kepada saya sudah cukup banyak mulai anak dari usia 2,5 tahun hingga dewasa dan menjadikannya sekolah ballet terkenal di bali akan tetapi tetap nilai awal atau tujuan dari visi misi saya terwujud. Sekali lagi saya ucapkan kepada seluruh Orang Tua Murid, Shiner ,Miss Niken,Miss Mirna,Miss Tanti dan Staff Shine yang telah bekerja sama untuk menjadikan shine ballet sekolah ballet terbaik di Bali.

Hormat Kami,

Marsellina Tan
Principal & Artistic Director

SHINE CENTRE

SHINE STUDIO
Jalan Imam Bonjol 153A Lt 2 , Denpasar


SHINE DENPASAR

D’Younger Studio
Jalan Mahendradata 222 Lt 2 , Denpasar


SHINE RENON 

Sunny Side
Jalan Tukad Barito Timur no.99X , Denpasar


SHINE GATSU

Dream

Jl.Belimbing no.9 , Kebo Iwa Selatan , Denpasar

 

SHINE CANGGU

Sparks Tamora Galery 2nd Floor

Jl.Pantai Berawa No.99 , Tibubeneng , Badung

 

Nusa Dua Area

NPCC Building
Jalan By Pass Ngurahrai 77x Nusa Dua , Badung


SHINE JIMBARAN

Jimbaran Hub – Colabo Academy

Jl.Karang Mas , Jimbaran , Badung


SHINE KUTA

Tokomono
Jl.Kediri no.9c , Kuta ,Bali


SHINE UBUD

Biji World

Jl.Raya Mas , Banjar Batanancak Mas , Ubud , Gianyar

 

Klik disini untuk pertanyaan lebih lanjut 

Balet dapat diajarkan pada anak-anak sejak usia dini. Umumnya kelas balet dibuka untuk anak berusia 4 tahun, namun kini semakin banyak kelas balet dibuka untuk anak usia 2 tahun.

Hubungi ADMIN SHINE BALLET 

Bagi Anda yang ingin mengikutkan si kecil untuk balet di usia anak-anak, berikut ini manfaat les balet untuk anak:

1. Membentuk postur tubuh

Gerakan balet umumnya menuntut penari untuk berdiri tegak sehingga dapat melatih tulang punggung anak untuk tidak terbiasa bungkuk. Hal ini dapat bermanfaat untuk perkembangan tulang punggung si kecil dan membentuk postur ideal pada anak.

2. Melatih daya ingat
Saat berlatih balet, anak dituntut untuk mengingat gerakan sederhana bagi pemula. Semakin meningkat levelnya, semakin rumit gerakan tersebut. Melakukan gerakan tersebut secara rutin dapat membantu mengasah daya ingat anak yang bermanfaat hingga dewasa.

3. Melatih keseimbangan tubuh

Salah satu manfaat dari balet adalah anak akan diajarkan mengenai keseimbanagn dan koordinasi tubuh yang baik. Selain itu otot kaki anka juga akan dilatih sehingga lebih kuat dan memiliki koordinasi tubuh yang baik.

4. Membantu anak lebih fokus

Tarian balet membutuhkan konsentrasi tinggi agar tercipta harmonisasi antara gerakan dan musik yang mengiringi. tarian balet akan melatih anak untuk fokus pada satu hal. Kebiasaan ini akan membantu anak untuk lebih fokus pada pelajaran dan kegiatan sehari-hari.

5. Membentuk kepercayaan diri pada anak

Berlatih balet juga dapat menumbuhkan kepercayaan diri lho Mom. Anak akan belajar tampil di depan umum sejak dini sehingga rasa percaya diri anak dapat tumbuh secara perlahan-lahan.

Bagaimana Mom? Tidak ada salahnya lho mengikutkan anak untuk les balet sejak dini.
Sumber : 
https://doktersehat.com/bunda-ini-manfaat-tarian-balet-untuk-anak-anak/

Pada usia 3-5 tahun, kemampuan motorik, sensorik, serta kognitif balita telah mengalami perkembangan yang lebih pesat dibandingkan usia sebelumnya, sehingga diperlukan jenis kegiatan anak yang lebih menantang untuk makin mengembangkan kemampuan dasar motoriknya. Cobalah untuk mengarahkan anak agar dia melakukan aktifitas fisik yang sesuai dengan umur dan minatnya. Nah beberapa teman saya yang memiliki anak perempuan, banyak yang memasukan anaknya ke kelas balet mulai dari usia dini. Dari mengobrol dengan mereka, saya diceritakan berbagai macam manfaat kelas balet tersebut pada anak.
Gerakan balet diikuti dengan irama yang lembut, berganti dari satu pose ke pose yang lain secara perlahan mengajarkan anak untuk konsentrasi dan belajar bersabar. Selain itu menari balet juga melatih kelenturan tubuh anak, keseimbangan, serta melatih posturnya agar menjadi graceful. Saya perhatikan, anak-anak yang mengikuti kelas balet biasanya memang, posisi berdiri, jalan dan duduknya tegap dan teratur.

Seperti semua tarian, balet-pun mengajarkan untuk melatih ingatan anak. Anak harus menghafalkan berbagai macam gerakan yang digabungkan menjadi suatu tarian. Yang menarik, kalau sedang kumpul-kumpul, anak suka mengulang kembali gerakan-gerakan tersebut sambil bermain-main. Gemas sekali!! Kemampuan bersosialisasi juga akan berkembang, karena akan bertemu anak-anak seumuran yang mengajarkan untuk berinteraksi, berkelompok dan dituntut juga untuk bekerja sama.

Sumber : http://www.productivemamas.com/2015/08/manfaat-ballet-untuk-anak.html

Hi Mamas, Balet merupakan salah satu bentuk tari dan seni. Oleh karena itu, tidak heran jika kita ingin anak-anak kita mulai berlatih balet sejak dini. Akan tetapi, segala sesuatu ternyata memiliki efek dan peranan terhadap kesehatan. Oleh karena itu, kami meminta dr Hantonius untuk menuliskan efek dari menari balet terhadap kesehatan kaki anak. Berikut ulasannya:

Ada pertanyaan dari salah satu orang tua, mengenai efek balet pada kaki anak & kapan waktu yang terbaik untuk memulai balet. Saya akan mencoba menjelaskan dari dua sisi, yaitu dari sisi dari penari profesional dan dari sisi medis sehingga jawaban saya menjadi seobjektif mungkin.

Balet merupakan tarian yang sangat  memerlukan kelenturan dan keseimbangan, untuk mencapai hal itu diperlukan latihan dan kerja keras yang terus menerus selama bertahun tahun. Kekuatan dan kelenturan diperlukan tidak hanya pada otot-otot utama (seperti otot betis dan otot paha), namun juga pada otot-otot kecil (seperti otot-otot di kaki) dan juga kelenturan sendi.

Memulai keterampilan apapun sejak usia anak kecil tentu memberikan keuntungan karena anak kecil  lebih cepat mempelajari suatu keterampilan baru. Dalam memulai balet, anak kecil  memiliki kelebihan dibandingkan anak remaja apalagi orang dewasa yaitu mereka memiliki sendi, otot dan tulang yang jauh lebih lentur karena sendi, otot dan tulang mereka masih bertumbuh.

Dari segi penari, tentu hal ini sangat menguntungkan. Keseimbangan dan kelenturan akan lebih mudah dilatih sehingga pada akhirnya  progress dan kemajuan latihan pada anak kecil akan jauh lebih cepat dibandingkan remaja dan orang dewasa. Beberapa sekolah balet menganjurkan memulai latihan balet pada usia 6-8 tahun bahkan ada yang menganjurkan di usia 4 tahun.

Dari segi medis, tentu ada hal yang harus diperhatikan dalam tari balet ini, yaitu tingginya angka kejadian bunion (hallux valgus). Bunion adalah deformitas pada jempol kaki, dimana jempol kaki membengkok atau mengarah keluar dari garis tengah tubuh.   

Berdasarkan penelitian, Steinberg et al pada 2013, prevalensi bunion pada penari usia muda (usia 8–16 tahun) sangat tinggi (40%), meningkat dari usia pre-pubertal (8–10 tahun: 32.7%) ke usia pubertal (11–13 tahun: 45.6%).

Setelah dilakukan berbagai penelitian, didapatkan beberapa faktor yang bisa menyebabkan bunion pada penari terutama penari dengan usia muda. Faktor utama adalah latihan (teknik dan kebiasaan) yang salah dan kedua adalah faktor genetik. Jumlah latihan  perminggu dan pemakaian sepatu balet yang ketat ternyata tidak terlalu signifikan dibandingkan kedua hal tersebut.

Anak kecil mudah membentuk kebiasaan, yang baik maupun yang buruk. Gambar kiri menunjukkan teknik yang benar, sedangkan gambar kanan menujukkan teknik yang salah. Posisi pergelangan kaki dan jempol yang miring dalam menahan berat badan, akan menyebabkan distribusi beban tubuh tidak merata dan menyebabkan penumpukan tekanan pada beberapa titik.

Beberapa gerakan lain dalam balet juga memerlukan jempol sebagai titik tumpu. Teknik yang salah tentu akan memperberat deformitas yang bisa terjadi.  Pada kaki anak yang masih dalam masa pertumbuhan, tentu akan hal ini akan menyebabkan arah pertumbuhan tulang menjadi terganggu.

Seiring berjalannya waktu, bunion akan semakin memberat dan akan menimbulkan keluhan nyeri, kesulitan memakai sepatu dan tentu saja tidak baik dalam segi kosmetik. Tatalaksana bunion  dimulai dari konservatif (nonoperatif) yaitu merubah pola aktivitas, mengurangi pemakaian sepatu highheel, pengunaan splint sampai akhirnya operatif bila tatalaksana non operatif gagal.

Jadi apakah dari segi medis tidak direkomendasikan untuk memulai balet di usia dini ?

  • Sebelum memutuskan untuk anak memulai balet, coba cari apakah ada anggota keluarga yang memiliki masalah bunion (faktor genetik sangat menentukan). Bila ada riwayat bunion, coba rundingkan dengan keluarga lain dan pertimbangkan hal ini baik-baik.
  • Pada anak usia kecil (4-8 tahun), orangtua dapat mempertimbangkan untuk memasukkan mereka ke kelas pre-balet. Kelas ini baik untuk mengenalkan & merangsang kreativitas anak dalam bergerak mengikuti musik.  Beberapa pakar balet berpendapat tidak masalah untuk menunda sampai anak berusia 10-12 tahun untuk memulai latihan balet dan mereka masih bisa berkembang menjadi penari balet yang baik.

Balet memang merupakan seni tari yang berpotensi menimbulkan masalah pada kaki karena posisi ekstrim pada jempol, pergelangan kaki dan kaki. Hal ini bukan berarti balet tidak boleh pada anak, namun  hal penting yang harus ditekankan adalah bagaimana memilih sekolah balet dan guru yang baik sehingga anak akan berlatih dengan teknik yang benar, menghindari kebiasaan buruk yang salah yang dapat menimbukan cedera serta masalah pada pertumbuhan dan perkembangan kaki anak.

Salam,

Dr. Hantonius

sumber : 
https://www.pyopp.id/blogs/story-to-share/menari-balet-ternyata-memiliki-efek-terhadap-kesehatan-kaki-anak-how-and-when-to-start-it-right

Skill Learned

Kategori Kelas

Kategori Umur

Baby Ballet

• Pengantar gerakan dan tarian, memberikan batu loncatan yang bagus ke dalam kurikulum AD Pre School
• Meningkatkan kepercayaan dan koordinasi anak dan mengembangkan keterampilan sosial mereka

Pre Ballet 1/2

• Bergerak dengan kontrol, koordinasi dan kepercayaan diri
• Kesadaran akan tubuh mereka dan bagaimana ia bergerak melalui ruang angkasa
• Kepekaan terhadap musik
• Ekspresi emosi melalui gerakan

Pre Primary/Primary Ballet

• Mengembangkan kemampuan fisik siswa, stamina, kreativitas, ekspresi dan musikalitas dengan menggunakan berbagai gerakan dan gaya musik
• Siapkan siswa untuk transisi sukses ke balet dan genre tari lainnya pada tingkat yang lebih tinggi.  

RAD Graded Ballet (Grade 1 – 8)

Terdiri dari tiga disiplin tari:
1. Balet – pondasi dan bagian terpenting dari silabus
2. Gerakan Bebas – telah dipengaruhi oleh dan menggabungkan gerakan yang sama dengan gaya tarian lainnya seperti Gerakan Alami, Tari Kontemporer dan Klasik Yunani.
3. Karakter – presentasi teater tarian nasional dengan menggunakan tarian dan musik etnik asli yang telah disesuaikan secara bebas untuk teater. Ketiga gaya – Hungaria, Rusia dan Polandia – dipilih karena pentingnya sejarah mereka dalam pengembangan balet klasik abad kesembilan belas yang lengkap.

Dancing Princess

1. Kelas Koreograpi

2. Gerakan Bebas – telah dipengaruhi oleh dan menggabungkan gerakan yang sama dengan gaya tarian
3. Karakter – Princess

4.Melatih imajinasi anak

5.Melatih kepekaan terhadap music disalurkan melalui tarian

6. Memperkenalkan tarian sedini mungkin

Kelas Ibu dan Anak


1. Menguatkan ikatan antara ibu dan anak
2. Mengolah tubuh bersama

3. Melatih kepercayaan diri ibu dan anak

4.Menari Bersama

5.Melatih kelenturan


1. Lokasi Dekat dengan anda

2. Guru-guru profesional dalam mengajar

3. Kelas menyenangkan

4. Sering mengadakan event untuk menambah pengalaman menari 

5. Bisa mengikuti ujian lokal dan international

6. Menjalankan Protokol Kesehatan KETAT

7. Guru-guru sudah VAKSIN

8. Menjalin komunitas bersama


HUBUNGI KAMI 

Biaya Sekolah Ballet di Shine Ballet School tergantung tingkatan kelas dan lokasi studio. silahkan hubungi admin shine ballet untuk harga terbaik.

Klik Disini untuk dihubungkan ke Admin Shine Ballet